Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Gelar Aksi, Warga Menuntut Perbaikan Jembatan Sungai Dangkuk

Rabu, 04 September 2024 | 13.50.00 WIB Last Updated 2024-09-04T06:50:38Z
Foto: Aksi Warga Masyarakat


Sintang, transkapuas.com - Puluhan warga masyarakat melakukan aksi berhubungan dengan jembatan sungai dangkuk yang rusak berat dan tidak kunjung diperbaiki oleh pihak terkait pada Rabu (4/9/2024) pagi.


Kepala Desa Simba Raya Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang Sugiyanto saat dihubungi melalui via WhatsApp menjelaskan bahwa jembatan sungai dangkuk merupakan penghubung dari Kecamatan menuju pusat Kabupaten Sintang dan rusaknya jembatan sungai dangkuk membuat masyarakat terisolir bahkan untuk mengangkut hasil bumi menjadi sulit. 


"Aksi hari ini sudah kami laksanakan dan kemudian aksi menuntut bahwa memang perbaikan jembatan di sungai dangkuk itu segera dilaksanakan, kemudian harus permanen", jelas Kades Simba Raya lewat rekaman suaranya.


Sugiyanto yang juga Kepala Desa Simba Raya menegaskan bawa pihaknya mendesak pihak perusahaan dan pemerintah propinsi Kalimantan Barat untuk segera memperbaiki jembatan sungai dangkuk agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.


"Kami minta agar jambatan dibuat secara permanen baik itu oleh pihak perusahaan ataupun oleh pemerintah propinsi. Jadi intinya masyarakat dari Kecamatan Binjai Hulu, Kecamatan Ketungau Hulu, Kecamatan Ketungau Tengah, Kecamatan Ketungau Hilir bahkan Kecamatan Sintang khususnya kelurahan KKU menuntut agar jembatan tersebut segera diperbaiki", tegas Kades.


Kepada Desa Simba Raya Sugiyanto menjelaskan bahwa aksi yang dilakukan oleh warga masyarakat dihadiri kurang lebih 150 (seratus lima puluh) orang massa.


"Aksi hari ini dihadiri kurang lebih 150 orang massa dan hasil komunikasi hari ini dengan pihak pemerintah Kabupaten Sintang bahwa akan mempertemukan perwakilan masyarakat bertemu dengan pemerintah propinsi yaitu PU Pemprov pada khususnya berkaitan dengan tindak lanjut perbaikan jembatan. Jembatan tersebut dan kemudian keberangkatan pertemuan akan dilakukan besok sedangkan keberangkatan perwakilan dari Desa nanti malam dan pertemuan direncanakan besok dengan Dinas propinsi atau Dinas PU Propinsi ", tutup Sugiyanto.


Jembatan sebagai sarana transportasi mempunyai peranan yang penting bagi kelancaran pergerakan lalu lintas. Dimana fungsi jembatan adalah menghubungkan rute atau lintasan transportasi yang terpisah baik oleh sungai, rawa, danau, selat, saluran, jalan raya, jalan kereta api dan perlintasan lainnya.



Kepala Biro : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update