Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Respon Masyarakat Beririk Adanya CU Keling Kumang

Kamis, 18 Juli 2024 | 14.51.00 WIB Last Updated 2024-07-18T07:51:27Z


Sintang,transkapuas.com - Koperasi kredit atau Credit Union atau biasa disingkat CU adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.


 Begitu juga dengan CU Keling Kumang yang didirikan pada tanggal 25 Maret 1993. Badan Hukum No. 50b/BH/PAD/X, tanggal 21 April 2011 Jln. Sekadau- Sintang Km 27 Dusun Tapang Sambas Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat,kode pos 79852.


Pendidikan tidak ada batasnya. Kata-kata yang sering kali terdengar di telingga kita. Mendengar kata pendidikan sudah pasti berbicara mengenai biaya, kemudian yang muncul dalam pemikiran adalah uang. Credit Union  Keling  Kumang  atau di singkat dengan CU KK adalah  sebuah  lembaga koperasi yang selalu komitmen memberikan pendidikan dan penyegaran atau sosialisasi kepada seluruh masyarakat dan anggota secara gratis.


Sosialisasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh semua, supaya anggota selalu terus update dan mengetahui perkembangan maupun perubahan mengenai kebijakan-kebijakan CUKK setiap tahunnya.


Kali ini Staf dari CU Keling Kumang cabang simpang silat kembali melakukan sosialisasi untuk masyarakat dan anggota yang bertempat di kediaman Sudiyati salah satu anggota dari CU KK di Dusun Beririk Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang pada Rabu malam tanggal 17 Juli 2024 pukul 19.00 wib.


Untuk meninggalkan pemahaman masyarakat dan anggota tentang Credit Union Keling Kumang (CU KK) dan sesuai dengan motto Credit Union dimulai dengan pendidikan, berkembang. Melalui pendidikan dan dikontrol oleh pendidikan.


Pada kesempatan tersebut Manager CU Keling Kumang cabang simpang silat Yosef Sidi menjelaskan bahwa CU Keling Kumang hingga saat ini aset yang dimiliki CU KK sudah mencapai dua triliun lebih.


"Saat ini aset yang dimiliki CU Keling Kumang sudah mencapai dua triliun lebih dan anggota CU KK juga sudah tersebar di beberapa Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat ,bahkan CU Keling Kumang juga ada di Kalimantan Tengah", jelasnya.


"Terkhusus di Dusun Beririk ini sudah ada 17 anggota yang sudah bergabung di CU Keling Kumang dan asetnya sudah di atas lima puluh juta-an ke atas", lanjut Manager CU Keling Kumang cabang simpang silat.


Yosef Sidi juga menjelaskan bahwa CU Keling Kumang juga memiliki berbagai macam bentuk simpanan dan produk.


"Karena disini banyak yang hadir, bahkan Bapak,Ibu yang belum menjadi anggota boleh bergabung dan untuk biaya menjadi anggota penuh cuma empat ratus ribu lebih dan kalau seandainya belum memiliki biaya sebesar empat ratus ribu lebih tersebut,namun Bapak dan Ibu berminat untuk bergabung di CU Keling Kumang, cukup dengan membayar seratus sembilan puluh ribu rupiah tapi belum menjadi anggota penuh", tambahnya.


"Kalau sudah menjadi anggota penuh Bapak, Ibu boleh melakukan pinjaman di CU KK setelah menjadi anggota selama tiga bulan", tutur Yosef Sidi.


Yosef Sidi yang juga sebagai Manager CU Keling Kumang cabang simpang silat mengatakan bahwa CU Keling Kumang juga sudah memiliki SMK yang berada di Kabupaten Sekadau.


"Nanti kalau Bapak dan Ibu berminat ingin bergabung menjadi anggota di CU Keling Kumang boleh juga ditanyakan sama staf di kantor atau sama field officer atau petugas lapangan", katanya.


Saat ditanya oleh salah satu warga masyarakat Fransiskus Uti yang belum menjadi anggota di CU Keling Kumang terkait apakah kalau sudah menjadi anggota penuh dan sudah menyimpan uang di CU KK bisa atau tidak uang tersebut ditarik kembali karena untuk keperluan yang sangat penting, Manager CU Keling Kumang Yosef Sidi mengatakan bahwa penarikan itu bisa dilakukan kapan saja.


"Terkait dengan pertanyaan Bapak tadi apakah uang yang sudah di simpan boleh ditarik,itu sangat bisa pak namun staf di kantor biasanya menyarankan kalau bisa kita dianjurkan untuk melakukan pinjaman atau kredit", jelasnya.


"CU KK juga memiliki website dan e-mail, yang memiliki HP Android boleh di cek di www.cukelingkumang.com dan cukk93@gmail.com, di situ boleh anggota serta Bapak dan Ibu lihat jenis simpanan atau produk yang dijalankan oleh CU Keling Kumang",tambah Manager.


Manager CU Keling Kumang cabang simpang silat Yosef Sidi juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran anggota dan juga yang belum menjadi anggota atas kehadirannya pada pertemuan undangan pendidikan dasar tersebut.


Turut hadir pada kegiatan pendidikan dasar yang dilaksanakan oleh CU Keling Kumang cabang simpang silat tersebut Manager CU Keling Kumang Yosef Sidi dan 3 anggota staf CU Keling Kumang cabang simpang silat, Ketua RT Dusun Beririk, pemimpin umat Katolik, anggota CU Keling Kumang dan juga yang belum menjadi anggota CU Keling Kumang juga menghadiri kegiatan,Selama kegiatan berlangsung,semua peserta sangat antusias mengikuti semua sesi yang disampaikan oleh Manager CU Keling Kumang tersebut.


Manfaat menabung yang utama tentu saja untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tak terduga. Dalam keuangan yang sehat,dan perlu memiliki dana darurat yang memadai. 


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update