Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

PGD Sintang Ke XI, Hikayo Sintang Tampilkan Tarian Jonggan

Kamis, 25 Juli 2024 | 02.36.00 WIB Last Updated 2024-07-24T19:36:16Z


Sintang,transkapuas.com - Mewakili Dewan Adat Dayak Kecamatan Sintang, Pakomoant Keluarga Samang Layo atau Hikayo Kabupaten Sintang menampilkan Kesenian Jonggan pada malam pertama pelaksanaan PGD Sintang Tahun 2024 di panggung utama Betang Tampun Juah Jerora Satu pada Rabu, 24 Juli 2024 malam.


Hikayo merupakan perkumpulan warga Sub Suku Dayak Kanayatn yang tinggal di Kabupaten Sintang. Perkumpulan ini sudah didirikan sejak tahun 1985 oleh sejumlah warga Dayak Kanayatn yang merantau ke Kabupaten Sintang. 

Diiringi musik yang terdiri tawak dan gong, 9 penari wanita dan 1 penari pria mulai menggerakan badan, kaki dan tangan dengan lincah. Tarian berdurai sekitar 7 menit tersebut memukau masyarakat yang berada di sekitar panggung utama Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke XI Tahun 2024. 


Yohanes Ketua Hikayo Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa tarian Jonggan ini memang kesenian tari tradisional yang secara turun temurun berkembang di kalangan sub Suku Dayak Kanayatan yang mendiami Kabupaten Landak, Kubu Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Kota Singkawang, dan Bengkayang.


“Bentuk penyajian tari Jonggan terdiri dari gerak tari, musik iringan, rias dan busana, properti, dan tempat pertunjukan”, terang Yohanes.


“Kami berterima kasih kepada panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke XI Tahun 2024 ini yang sudah mau memberikan kesempatan kepada warga Hikayo Sintang untuk menampilkan Tarian Jonggan. Warga Hikayo Sintang harus tetap menjadi warga Kabupaten Sintang yang baik, menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya Kabupaten Sintang, juga melestarikan kesenian yang ada dari daerah asal kami yakni Tarian Jonggan”, terang Yohanes.


Sementara Yuliana Fondasoya Lilistian Ketua We’ Jonggan Hikayo Sintang menjelaskan bahwa We’ Jonggan Hikayo Sintang sudah terbentuk 2 tahun lalu dan sudah beberapa kali tampil di beberapa acara.


“Kami yang beranggotakan ibu-ibu warga Hikayo Sintang sudah melakukan persiapan untuk bisa tampil malam ini di panggung utama Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke XI Tahun 2024”, terang Yuliana Fondasoya Lilistian.


“Persiapan itu seperti latihan beberapa kali untuk memantapkan kekompakan gerakan dan menyesuaikan antara musik dengan gerakan. Kami juga berkoordinasi dengan panitia PGD Sintang Tahun 2024”, Yuliana Fondasoya Lilistian.


“Tarian Jonggan Hikayo ini juga mewakili DAD Kecamatan Sintang. Hikayo Sintang bermitra dengan DAD Kecamatan Sintang untuk melestarikan adat budaya Dayak. Kami senang bisa tampil untuk memeriahkan PGD Sintang Tahun 2024. Sekaligus untuk menjaga, melestarikan dan memperkenalkan Tarian Jonggan” tutup Yuliana Fondasoya Lilistian.



Sumber Kominfo Sintang


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update