Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Panitia Gawai Dayak Sekadau, Gelar Konferensi Pers Persiapan Pelaksanaan Gawai Dayak ke XIII

Kamis, 18 Juli 2024 | 14.47.00 WIB Last Updated 2024-07-18T10:49:58Z
Foto: Martinus Ridi, ketua panitia Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 menyampaikan sambutannya, Kamis (18/7/2024)


Sekadau, transkapuas.com - Panitia Gawai Dayak ke XIII tahun 2024 Kabupaten Sekadau menggelar konferensi Pers terkait perkembangan dan persiapan panitia Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 di Lupung Coffee, Kamis (18/7/2024).


Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam menyampaikan bahwa tuan rumah Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 adalah dari sub suku Dayak Ntukak.


"Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 adalah dari sub suku Dayak Ntukak," kata Jefray yang juga anggota DPRD kabupaten Sekadau tersebut.


"Gawai Dayak kabupaten Sekadau didukung penuh oleh pemerintah daerah kabupaten Sekadau," tambahnya.


Ketua panitia Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi menyampaikan bahwa gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau Tahun 2024 akan dilaksanakan dari tanggal 23 sampai dengan 27 Juli 2024 mendatang.


"Pelaksanaan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 mengangkat tema  Pelestarian Adat dan Budaya Dayak di tengah Kemajuan Teknologi Demi Terwujudnya Masyarakat yang Maju, Sejahtera, dan Bermartabat yang akan di laksanakan dari tanggal 23 sampai dengan 27 Juli 2024 di rumah Betang Youth Center jalan Panglima Naga kompleks pasar baru Sekadau," ucap Ridi.


Terkait persiapkan pelaksanaan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau, Ridi mengatakan bahwa persiapan panitia sudah 90 persen.



"Persiapan panitia pelaksana Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024bsudah 90 persen, dan nanti malam kami akan rapat pemantapan, dan pembukaan akan di awali pawai karnaval," kata Ridi.


 Adapun Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 akan diperlombakan adalah lomba seni kreasi dan lomba permainan rakyat seni dan kerajinan tradisional.


"Perlombaan budaya yang akan kita laksanakan adalah,

1. Lomba seni kreasi meliputi: lomba Bujang dan Dara Gawai, lomba Tari Kreasi Dayak, lomba pop singer lagu Dayak dan lomba fashion show busana Dayak kreasi Dayak.

2. Lomba permainan rakyat seni dan kerajinan tradisional meliputi: lomba menganyam tikar, lomba menganyam raga', lomba mengukir perisai, lomba menumbuk dan menampik padi, lomba menyumpit dan lomba pangkak gading," tutup Ridi. (Sy)

×
Berita Terbaru Update