Notification

×

Kpu

Kpu

Mobil Siaga Desa Setunggul Beri Manfaat Langsung Ke Masyarakat

Selasa, 23 Juli 2024 | 20.03.00 WIB Last Updated 2024-07-23T13:03:17Z


Kapuas Hulu,transkapuas.com - Mobil Siaga Desa merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Setunggul Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat untuk memaksimalkan pelayanan di bidang kesehatan dan sosial bagi warga masyarakat Desa Setunggul. Saat ini Desa Setunggul sudah memiliki mobil siaga desa (MSD) yang penganggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) Setunggul tahun anggaran 2023.


Saat awak media www.transkapuas.com berbincang-bincang dengan warga masyarakat Desa Setunggul Sugiono pada Senin 22 Juli 2024 terkait dengan manfaat dengan adanya mobil siaga desa, Sugiono menjelaskan dengan adanya mobil tersebut sangat membantu bagi masyarakat di desanya.


"Banyak sekali pak manfaatnya, terutama ketika ada warga yang sakit tapi tidak memiliki kendaraan,kita bisa menghubungi pihak desa dan sudah pasti kita dapat menggunakan mobil ini", jelasnya sambil menunjukkan mobil siaga desa yang dia pinjam dari desa.


"Kita cukup membeli minyak untuk mobil ini apabila kita menggunakannya dan paling kalau kita ada uang untuk biaya perawatan cuma seratus lima puluh ribu rupiah,tapi seandainya kita belum punya uang juga tidak jadi masalah pak,tapi yang pastinya kita memang harus bayar sebagai uang kas, untuk antisipasi biaya perawatan mobil",tambahnya.


"Kami masyarakat sangat terbantu dengan adanya mobil siaga desa ini pak, yang penting ada yang bisa bawa silahkan yang penting komunikasi sama pihak pemdes pasti dipinjamkan, kalau kita Carter mobil lain sudah barang tentu biaya yang kita keluarkan banyak, apalagi kalau warga sakit mana biaya berobat ditambah lagi biaya Carter mobil lain,nah dengan adanya mobil siaga desa ini kita tidak perlu Carter segala, cukup mengisi bahan bakar minyak untuk mobil dan uang kas perawatan mobil. Ini saya baru ngantar keluarga berobat menggunakan mobil ini pak", tuturnya panjang lebar.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp dengan adanya mobil siaga desa tersebut pada Selasa 23 Juli 2024, Kepala Desa Setunggul Deni Mulyadi mengatakan bahwa Desa nya bisa mendapatkan mobil siaga desa berdasarkan kesepakatan bersama dengan warga masyarakat Desa Setunggul.


"Di ajukan melalui,musdus,musdes dan Musrenbang Desa,penganggaran melalui sarpras pak",tulis Kades.


"Iya pak sangat membantu sekali,terutama untuk masyarakat yang hendak cek kesehatan,mau melahirkan kan dan lain-lain yang bersangkutan dengan kesehatan masyarakat,terkait dengan biaya masyarakat cuma diminta isi minyak,dan Kas 150 RB untuk antisipasi perawatan",tambah Dedi Mulyadi yang juga sebagai Kepala Desa Setunggul


Kades Setunggul Deni Mulyadi juga mengatakan penganggarannya yang bersumber dari dana desa pada tahun 2023.


"Iya pak melalui dana desa,Anggaran tahun 2023 pak", tulis kades pada pesan WhatsApp.


Mobil Siaga Desa ini memiliki banyak manfaat bagi warga Desa Setunggul karena masih banyak warga dengan ekonomi menengah ke bawah yang sangat membutuhkan mobil saat akan ke rumah sakit dalam kondisi urgen dan cuaca yang tidak menentu.


Reporter : K. Robenson 

×
Berita Terbaru Update