Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Krisis Caleg di OKI: 30 Terancam Batal Dilantik karena Belum Laporkan LHKPN ke KPK

Selasa, 16 Juli 2024 | 08.12.00 WIB Last Updated 2024-07-16T01:12:06Z
Foto: Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu Partisipasi dan Humas, Yudi Zulfani


OKI, transkapuas.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ilir ( OKI) Sum sel , Muhammad Irsan melalui Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu Partisipasi dan Humas Yudi Zulfani, mengungkapkan bahwa sebagian besar calon anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang terpilih dalam Pemilu 2024 belum melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebanyak 30 dari 45 caleg terpilih berisiko tidak dilantik pada 2 September 2024 karena belum memenuhi persyaratan tersebut.

 

Yudi menjelaskan, "Ada 30 orang caleg dari berbagai partai yang belum menyerahkan laporan LHKPN. LHKPN merupakan syarat untuk dilantik sebagai anggota DPRD OKI periode 2024-2029." Hanya 15 caleg terpilih yang sudah melaporkan LHKPN, berasal dari tiga partai yang telah lengkap. Ujar Yudi 

 

Yudi juga menyebut, "Beberapa partai sudah melaporkan tanda terima soft copy dari KPK, namun belum dalam bentuk fisik. PKB dengan 7 orang, PAN 4 orang, dan Hanura 4 orang." Meskipun KPU OKI telah mengimbau untuk segera memberikan bukti fisik, namun belum semua caleg memenuhi persyaratan tersebut.

 

Di sisi lain, Yudi menyatakan bahwa partai yang belum lengkap melaporkan LHKPN terdiri dari 5 partai politik. "Masih ada 6 caleg dari PDIP, 6 caleg dari Gerindra, 6 caleg dari Golkar, 4 caleg dari NasDem, dan 2 caleg dari PKS," tambahnya.

 

KPU OKI memiliki kewenangan untuk mencantumkan 30 caleg tersebut dalam daftar pelantikan pada 2 September 2024 mendatang. Batas akhir penyerahan LHKPN minimal 21 hari sebelum pelantikan. 


Yudi menegaskan pentingnya kerjasama antara Partai Politik untuk menyelesaikan tahapan Pemilu hingga pelantikan dengan baik.pungkasnya( mas Tris)

×
Berita Terbaru Update