Notification

×

TK

TK

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Ini Kata Wabup Sekadau Saat Menghadiri HUT ke 190 Klenteng Fuk Tet Chi Sungai Ayak

Kamis, 11 Juli 2024 | 00.15.00 WIB Last Updated 2024-07-10T17:15:58Z
Foto: Wabup Sekadau, Subandrio, SH, MH foto bersama dengan para pengurus Klenteng Fuk Tet Chi, Rabu (10/7/2024)


Sekadau, transkapuas.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Subandrio Hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Klenteng Fuk Tet Chi ke 190 tahun, di Desa Sungai Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu, (10/7/2024).


Kedatangan wakil Bupati dan rombongan disambut meriah dengan ditampilkan atraksi barongsai dan petasan. 


Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menyampaikan bahwa usia 190 tahun adalah bukan usia yang pendek namun panjang, sejak tahun 1834 kehadiran klenteng ini membawa kedamaian, di sungai ayak yang sangat strategis.


"Sejak tahun 1834 kehadiran klenteng ini membawa kedamaian di Sungai Ayak yang sangat strategis ini. Kita berharap klenteng ini terus menjadi pusat kegiatan keagamaan, terutama bagi umat Konghucu," ucap Wabup.


Terkait program IP3K, Wabup menyampaikan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun lebih jabatannya bersama pak Aron, sudah banyak pembangunan yang dilaksanakan, khususnya di tiga kecamatan di Belitang.


"Dalam kurun waktu tiga tahun lebih masa jabatan kami, kami sudah banyak melakukan pembangunan, pada tahun 2022 kita tidak mendapatkan dana dari pemerintah pusat, namun kami berani minjam ke bank Kalbar sebesar 50 miliar rupiah, 50 persennya digunakan untuk pengerjaan jalan poros semua, target kita jalan dari ibukota ke Belitang Hulu harus sudah hitam, infrastruktur jadi program kita, arus ekonomi terletak di jalan," ungkap Wabup.


"82 persen masyarakat kita bergantung pada pertanian dan perkebunan, 2 miliar rupiah tiap tahun pemerintahan kabupaten memberikan bantuan bibit sawit," tambah Suban, sarapan akrab Wabup Sekadau.


Wabup juga mengatakan bahwa saat kunjungan Presiden Beberapa bulan lalu, pemerintah kabupaten Sekadau sudah mengusulkan jembatan Kapuas dan fasilitas kesehatan.


"Beberapa bulan lalu, saat kunjungan bapak Presiden, pemerintah kabupaten Sekadau telah mengusulkan jembatan Kapuas dan fasilitas kesehatan, alat cuci darah dan tensi scene. Semoga usulan ini dapat segera terealisasi, sehingga masyarakat di tiga kecamatan Belitang menyebrang sungai Kapuas sudah melalui jembatan," ujarnya.


"Selamat ulang tahun klenteng Fuk Tet Chi ke 190 tahun, semoga selalu diberi keberkahan," pungkas Wabup 


Sementara itu, ketua pengurus MAKIN Sungai Ayak, kecamatan Belitang Hilir, Djong Khet Djin mengucapkan terimakasih kepada Wabup Sekadau beserta rombongan juga sudah Sudi hadir dalam acara HUT klenteng Fuk Tet Chi.


"Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Sekadau dan undangan lainnya, dalam acara memperingati HUT yang ke 190 klenteng Fuk Tet Chi. Waktu cukup panjang dulunya telah terjadi pergantian gedung beberapa kali, dukungan masyarakat dan pemerintah kabupaten Sekadau yang mendukung kami sehingga terlaksana dengan baik sampai saat ini," ucap Djong Khet Djin.


Hadir Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, S.H, M.H, Danramil Belitang Hilir Kapten Inf Indra F. Caniago, Kapolsek Belitang Hilir IPTU Sudarsono, Asisten II, Sandae, camat Belitang Hilir, kepala SKPD dan OPD, pengurus MAKIN Sungai Ayak. (Sy)

×
Berita Terbaru Update