Notification

×

TK

TK

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Himbauan Kadisdukcapil Sintang Untuk Buat IKD

Selasa, 02 Juli 2024 | 06.41.00 WIB Last Updated 2024-07-01T23:41:45Z


Sintang,transkapuas.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang  Agus Jam,S.Sos, M.Si menghimbau kepada masyarakat untuk membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD). Ia menjelaskan bahwa IKD sangat penting, sebab jika seseorang berpergian tetapi lupa membawa KTP bisa menggunakan IKD yang ada di smartphone.


Agus Jam,S.Sos, M.Si juga mengatakan hingga saat ini baru sekitar 2 % masyarakat Kabupaten Sintang yang sudah membuat IKD, Senin (1/7/2024).


"Yang membuat IKD belum terlalu banyak,baru sekitar dua persen. Kita berharap agar masyarakat semua bisa membuat IKD, karena dengan adanya IKD kita diberikan kemudahan misalnya KTP hilang atau saat berpergian namun lupa membawa KTP di IKD kan ada", jelasnya.


"Selain KTP di IKD juga terekam Kartu Keluarga, Akta Kelahiran,dan juga KIA", ujar Agus Jam,S.Sos, M.Si yang juga sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang.


Kadisdukcapil Sintang juga menghimbau kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan di Dukcapil Sintang untuk mengingatkan ke petugas agar dibuatkan IKD. Untuk masyarakat yang ada di pedalaman Agus Jam juga mengatakan pihaknya memberikan surat himbauan melalui Camat dan Kepala Desa agar dapat membantu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk membuat IKD.


"Kita juga berharap mungkin di Desa nanti Pak Kades bisa menugaskan Kasi Pem misalnya ditugaskan untuk membantu masyarakat mengurus administrasi kependudukan. Baik secara kolektif dan bisa juga online bagi yang sudah ada jaringan", bebernya.


Selain itu Agus Jam yang juga sebagai Kadisdukcapil Sintang menambahkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihak Dukcapil Sintang juga menerapkan sistem pelayanan jemput bola bagi masyarakat yang memiliki kekurangan, khususnya yang ada di dalam kota.


"Untuk pelayanan jemput bola ini asal ada laporan kita datangi dan kita layani, bagi masyarakat yang misalnya sakit atau memiliki kekurangan dan sebagainya yang tidak bisa datang ke sini,kita datangi ke rumahnya", tambah Agus Jam.



Sumber : HarianSintang.com


(Ed/K. Robenson)

×
Berita Terbaru Update