Notification

×

TK

TK

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Hadiri Aksi Penanaman Pohon Sedunia, Aron: Pemulihan Lingkungan Hidup Merupakan Kunci Membalikkan Arus Degradasi Lahan

Selasa, 02 Juli 2024 | 15.17.00 WIB Last Updated 2024-07-02T10:08:10Z
Foto: Bupati Sekadau, Aron melakukan penanaman pohon, di dusun Engkorong desa Sungai Sambang, Selasa (2/7/2024)


Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron menghadiri acara aksi penanaman pohon dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024, di dusun Engkorong desa Sungai Sambang kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau, Selasa (2/7/2024).


Hari lingkungan hidup sedunia kali ini mengangkat tema 'Penyelesaian Krisis Iklan dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan'. Tema ini dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklan harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas.


Pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau, Aron menyampaikan peringatan hari lingkungan hidup sedunia merupakan keputusan majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1972 saat konferensi Stockholm.


"Peringatan hari lingkungan hidup sedunia merupakan keputusan majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1972 saat konferensi Stockholm. Tahun 2024, peringatan hari lingkungan hidup sedunia mengangkat tema 'penyelesaian krisis iklan dengan inovasi dan prinsip dan keadilan," ucap Aron.


"Pemulihan lingkungan hidup merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim," tambah Aron.


Peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 yang puncaknya hari ini diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Sekadau melalui kerjasama dengan UPT. Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Sekadau, Bank Kalbar cabang Sekadau, dan Manajemen PT. Agro Andalan.


"Pelaksanaan aksi penanaman pohon di dusun Engkorong desa Sungai Sambang yang juga merupakan areal kerja PT. Agro Andalan dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus melakukan penetapan dan peningkatan luasan areal konvensi yang dimiliki guna menjamin kelestarian ekosistem berikut keanekaragaman hayati  yang ada sehingga terciptanya usaha berbasis lahan berkelanjutan," ungkap Aron.



Selain itu Bupati Sekadau juga memesan kepada semua orang tua yang anaknya masih menempuh pendidikan untuk memperhatikan dan mensupport anak untuk bersekolah.


"Saya sarankan untuk semua orang tua yang anaknya masih menempuh pendidikan, supaya mensupport anak untuk bersekolah sampai jenjang yang lebih tinggi. Karena masa depan Kabupaten Sekadau ada ditangan kita, oleh sebab itu SDM Kabupaten Sekadau sangatlah menunjang," pesan Aron.


"Jangan sampai anak-anak kita putus sekolah, karena sekarang biaya anak sekolah SD, SMP dan SMA sudah digratiskan, paling kita beli pakaian," pungkas Aron.


Selesai menyampaikan amanatnya bupati Sekadau membuka resmi acara aksi penanaman pohon dan bersama-sama menanam pohon secara simbolis. (Sy)

×
Berita Terbaru Update