Notification

×

TK

TK

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Bupati Sekadau Launching Pengerjaan Peningkatan Jalan Kabupaten di Tapang Semadak

Rabu, 03 Juli 2024 | 11.49.00 WIB Last Updated 2024-07-03T16:30:27Z
Foto: Bupati Sekadau, Aron, SH saat menyampaikan sambutannya pada acara launching pengerjaan peningkatan jalan Kabupaten di desa Tapang Semadak, Rabu (3/7/2024)


Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron melakukan Launching Pengerjaan Peningkatan Jalan Kabupaten, ruas Mandala 1 Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit Tahun Anggaran (TA) 2023, di desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, Rabu (3/7/2024).


Kepala desa Tapang Semadak, Marsianus Maslyadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada bupati Sekadau yang telah membangun kabupaten Sekadau.


"Kami sangat berterimakasih pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas pekerjaan peningkatan jalan Kabupaten, ruas jalan Mandala 1 di desa Tapang Semadak ini," ungkapnya.


"Kami sudah lama merindukan peningkatan ruas jalan Mandala 1 menuju desa Engkersik," tambah kades.


Sementara itu, Bupati Sekadau, Aron dalam sambutannya menyampaikan pekerjaan peningkatan jalan Mandala 1 ini menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) Tahun Anggota 2023.


"Pekerjaan peningkatan jalan Mandala 1 ini menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) Tahun Anggota 2023. DBH Sawit merupakan alokasi anggaran dari pusat yang digulirkan pada pertengahan tahun 2023, sehingga baru dapat dikerjakan pada tahun anggaran 2024," ungkap Aron.


"Sedangkan penentuan lokasi pekerjaan merupakan kewenangan masing-masing Pemerintah daerah, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang telah disepakati oleh kementrian keuangan dan kementerian teknis terkait," tambahnya.


Aron juga menyampaikan bahwa DBH Sawit 2023 dan 2024 mencapai 37 milyar rupiah lebih dan terbagi pada empat OPD.


"DBH Sawit Tahun 2023 dan 2024 sejumlah Rp. 37.283.554.000 (tiga puluh tujuh milyar dua ratus delapan puluh tiga juta lima ratus lima puluh empat ribuan). Terbagi pada empat OPD, yakni Dinas PUPR, Dinas ketahanan pangan, pertanian dan perkebunan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas sosial," beberapa Aron.


"Khusus untuk pekerjaan fisik jalan dan jembatan pada Dinas PUPR mendapatkan alokasi 80,65% dari total anggaran yakni sebesar Rp. 30.068.627.084 (tiga puluh milyar enam puluh delapan juta enam ratus dua puluh tujuh ribu delapan puluh empat rupiah)," tambahnya.


Adapun rincian DBH Sawit Tahun 2023 (3 lokasi) yaitu:

1. Peningkatan jalan Penanjung - Tanjung 

2. Peningkatan jalan Mandala 1 (Tapang Semadak)

3. Pemeliharaan berkala jalan Dwikora (Balai Sepuak)


DBH Sawit Tahun 2024 (4 lokasi) yakni:

1. Peningkatan jalan Rirang Jati - Nanga Kiungkang 

2. Pemeliharaan jalan Sibau - Merapi 

3. Pembangunan Box Culvert ruas jalan Simpang SP 2 Belitang - SPG Setuntung - Padak - SP 5 Menua Prama

4. Pembangunan Box Culvert ruas jalan SP 5 Menua Prama - Simpang SP 8 Belitang - Kumpang Ilong 


"Anggaran yang dialokasikan pada setiap ruas jalan memang belum mampu mengaspal seluruh panjang jalan yang ada mengingat anggaran yang tersedia masih jauh dari kebutuhan. Kita berharap DBH Sawit terus berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya sehingga penanganan jalan Kabupaten dapat berkelanjutan," tutup Aron.


Usai memberikan arahannya, bupati Sekadau melaunching secara resmi Pengerjaan Peningkatan Jalan Kabupaten, ruas Mandala 1 tanda dimulainya Pengerjaan proyek. (Sy)

×
Berita Terbaru Update