Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Bupati Sekadau Buka Resmi Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau

Selasa, 23 Juli 2024 | 11.54.00 WIB Last Updated 2024-07-24T02:40:34Z
Foto: Bupati Sekadau, Aron, SH memukul gong, tanda di bukanya Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau, Selasa (23/7/2024)


Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron membuka Gawai Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024 di halaman rumah Betang Youth Center Sekadau jalan Panglima Naga kompleks pasar baru bandung, Selasa (23/7/2024).


Ketua panitia Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024, Martinus Ridi dalam sambutannya menyampaikan kabupaten Sekadau merupakan salah satu kabupaten yang di mekar kan tahun 2003.


"Kabupaten Sekadau merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Barat yang merupakan pemekaran dari kabupaten Sanggau pada tahun 2003 dengan luas 3,71% dari luas wilayah Kalimantan Barat yang terdiri dari 94 desa dan 7 kecamatan," ucapnya.


Ridi juga menyampaikan beberapa tujuan dengan diadakannya Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau 2024.


"Tujuan adalah sebagai puncak dari pertanyaan gawai nyepat tahun yang diadakan masyarakat adat Dayak di kampung - kampung, untuk melestarikan dan menggali tradisi adat budaya Dayak serta untuk mempromosikan budaya Dayak baik lokal maupun nasional," kata Ridi.


"Terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang telah mensupport kegiatan Gawai Dayak Sekadau ini, terimakasih juga Kepada Dewan Adat Dayak (DAD) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan Gawai Dayak ini, dan terimakasih kepada seluruh para donatur lainnya," pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Sekadau, Aron dalam sambutannya menyampaikan selamat Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Gawai Dayak ini.


"Atas nama pemerintah daerah kabupaten Sekadau, saya mengucapkan selamat Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau, ini adalah gawai kita semua, mari kita hadiri dan sukseskan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau ini, sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Aron.


"Terimakasih kepada pemerintah provinsi Kalimantan Barat dan Dewan Adat Dayak provinsi Kalimantan Barat yang telah memberikan masukan dan saran sehingga Gawai Dayak ini bisa terlaksana dengan baik," tambahnya.


Aron juga mengatakan bahwa Gawai Dayak ini adalah warisan budaya yang sudah diturunkan oleh nenek moyang terdahulu.


"Gawai Dayak Adalah Salah Satu warisan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang kita terdahulu, oleh sebab itu mari kita lestarikan adat budaya sehingga tidak hilang di telan zaman," pungkasnya.


Selesai menyampaikan sambutannya, bupati Sekadau membuka secara resmi acara Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau tahun 2024. (Sy)

×
Berita Terbaru Update