Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Bupati Sekadau Tinjau Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Peninjauan Pemotongan Hewan Qurban

Senin, 17 Juni 2024 | 23.40.00 WIB Last Updated 2024-06-17T16:40:43Z


Sekadau, transkapuas.com - Di momen hari raya Idul Adha 1445 H tahun 2024, Bupati Sekadau, Aron meninjau langsung pemotongan hewan qurban di Masjid Al-Zaitun desa Seberang Kapuas, kecamatan Sekadau Hilir, Senin 17 Juni 2024.



Pada kesempatan tersebut, Budianto Ketua Pengurus Masjid Al-Zaitun desa Seberang Kapuas mengucapkan terimakasih kepada pemkab Sekadau atas kunjungan bertepatan dengan Idul Adha 1445 H tahun 2024.


Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus Lawang Kuari Sedekah (LAWAS) yang telah memberikan satu ekor sapi Qurban  kepada masjid Al-Zaitun.



Sementara itu, Erdi Mushardi  Ketua organisasi LAWAS menyampaikan bahwa sampai tahun ini LAWAS selama empat tahun berturut memberikan hewan Qurban pada hari raya Idul Adha.



"Tahun ini  ada tiga ekor sapi Qurban, yaitu untuk desa Seberang Kapuas kecamatan Sekadau Hilir, desa Sungai Sambang kecamatan Sekadau Hulu. dan dusun Mongko kecamatan Nanga Taman,"  ungkap Erdi.



"Kami berharap ke depan atas dukungan dari pak Bupati kami bisa kembali ber Qurban," tambahnya.


Ditempat yang sama, Bupati Sekadau, Aron  menyampaikan atas nama pribadi dan Pemkab Sekadau Aron mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1445 H tahun 2024.



"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah kabupaten Sekadau saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1445H bagi seluruh umat muslim yang merayakannya khusus masyarakat kabupaten Sekadau. Ada 3 prinsip Qurban yaitu ; 1. Saatnya kita ber-Qurban, 2. Menolong yang kurang mampu, dan 3. Untuk menyucikan harta," kata Aron.



"Pemkab Sekadau setiap tahun  melalui APBD selalu menganggarkan dana untuk sapi Qurban sebanyak 9 ekor dan diberikan secara bergilir kepada Masjid yang belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah," tambah Aron.



Di Sekadau lanjut Aron, untuk kecamatan Nanga Mahap tinggal satu masjid yang belum pernah dapat bantuan sapi qurban. Untuk kecamatan Belitang Hulu karena sedikit ada yang sudah dapat dua kali, yang masih banyak belum dapat justru di kecamatan Sekadau Hilir. Karena memang jumlah Masjid di kecamatan Sekadau Hilir cukup banyak.



Sebagai informasi, sebelum meninjau pemotongan hewan Qurban, Aron terlebih dahulu melakukan peninjauan jemaah yang melaksanakan Shalat Idul Adha di Terminal Lawang Kuari, Kemudian di Masjid Agung Sultan Anum Km 7 jalan Merdeka Timur Sekadau bersama Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama.



Untuk peninjauan pemotongan hewan Qurban Aron dan rombongan juga melakukan peninjauan ke Masjid Al-Khafi Penanjung desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir dan dilanjutkan ke Masjid Al-Jannah Desa Sungai Sambang kecamatan Sekadau Hulu.



Kegiatan tersebut dihadiri kepala dinas Pendidikan kabupaten Sekadau Frans Dawal, kadis PTSP Handayani, anggota DPRD Harianto, Camat Sekadau hilir kades Seberang Kapuas dan masyarakat sekitar. (Tim/dr/sy)

×
Berita Terbaru Update