Notification

×

HUT RI pemda

HUT RI pemda

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ini Kata Wabup Sekadau

Kamis, 20 Juni 2024 | 15.00.00 WIB Last Updated 2024-06-20T11:38:30Z


Sekadau, transkapuas.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Subandrio membuka kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Tahun 2024 di Aula Kantor Desa Nanga Biaban, Kecamatan Sekadau Hulu, Kamis (20/6/2024).


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Ekonomi Kreatif dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sekadau.


Ado, kepada Desa Nanga Biaban dalam sambutannya menyampaikan bahwa semoga dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar tahun 2024 ini masyarakat desa Nanga Biaban bisa lebih kreatif lagi.


"Dengan adanya kegiatan ini bisa membuat masyarakat desa Nanga Biaban lebih kreatif lagi. Kami juga mohon kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau untuk bisa memperhatikan kondisi insfratruktur di desa Nanga Biaban karena desa Nanga Biaban termasuk desa pariwisata," ucap Ado.


"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata kabupaten Sekadau yang telah menunjukkan desa Nanga Biaban untuk melaksanakan kegiatan ini," tambah Ado.


Pada kesempatan tersebut, Bayu Tri Harsono kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sekadau mengatakan bahwa desa Nanga Biaban sudah masuk 500 besar desa pariwisata se Indonesia.


"Desa Nanga Biaban ini sudah masuk 500 besar desa pariwisata se Indonesia. Oleh sebab itu kami minta para peserta bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai," kata Bayu.


"Melalui pelatihan yang kita lakukan hari ini, kami harap bagaimana para peserta untuk mengembangkan ekonomi kreatif, seperti aksesoris khas wilayah setempat, kuliner, seni pertunjukan dan lain sebagainya yang bisa dikembangkan untuk menambah ekonomi kreatif selain ekonomi yang biasa kita peroleh," tambahnya.


Sementara itu Wabup Sekadau, Subandrio dalam sambutannya menyampaikan bahwa alam yang indah telah diberikan oleh Tuhan wajib kita pelihara dan kembangkan,. sehingga bisa menjadi tempat wisata yang terkenal.


"Kita diberikan Tuhan alam yang baik dan indah, maka kita wajib memelihara ciptaan Tuhan ini dengan baik dan bena, supaya bisa bermanfaat bagi kitar," ucap Suban sarapan akrab Wabup Sekadau tersebut.


"Pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk memetakan objek wisata yang bisa kita kelola, sehingga bisa kita kelola dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menambah ekonomi kreatif, dan berapa anggarannya serta kapan dilaksanakan," tambahnya.


Beliau juga menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat para pengunjung objek wisata.


"Ada beberapa faktor untuk meningkatkan minat para pengunjung objek wisata Seperti Insfratruktur yang mencukupi jalan, listrik dan faktor lain yang mendukung sehingga objek wisata tersebut bisa terkenal dan maju," kata Wabup.


"Tentunya bisa juga di dukung dengan kearifan lokal seperti tarian, tenun dan hasil karya lokal yang bisa menambah pendapatan masyarakat di wilayah objek wisata seperti di desa Nanga Biaban ini, jangan sampai orang luar yang mendapatkan keuntungan dan kita asli masyarakat setempat jadi penonton," ungkap Wabup.


Terakhir Wabup Sekadau minta kepada masyarakat Desa Nanga Biaban untuk memerhatikan beberapa hal yang penting, sehingga para wisatawan merasa aman dan nyaman dalam berwisata ke desa Nanga Biaban.


"Ke depan saya mohon kepada masyarakat desa Nanga Biaban untuk menjaga keamanan, keramahan, komunikasi, promosi sehingga para wisatawan merasa nyaman dan aman selagi berwisata di Desa Nanga Biaban ini," tutupnya.



Selanjutnya Wabup Sekadau membuka resmi kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Tahun 2024, penyerahan piagam desa pariwisata kepada kepala desa Nanga Biaban dan melakukan peninjauan ke objek wisata di desa Nanga Biaban. (Sy)

×
Berita Terbaru Update